Pengembangan Instrumen Penilaian Tahsin Al-Qur'an di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Li'illiyyina, Irfa Ma'alina (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Tahsin Al-Qur'an di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Irfa ma'alina li'ikkiyyina-15701251040.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument penilaian untuk mengukur kualitas bacaan Al-Qur'an ujian sertifikasi dan kelayakan program tahsin Al-Qur'an yang diselenggarakan oleh program Pengembangan Kepribadian dan Tahsin Al-Qur'an (PKTQ) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Langkah pengembangan instrument ini dilakukan dengan Teknik pengembangan instrument yang sudah ada kemudian disesuaikan dengan kebutuhan penilaian tahsin Al-Qur'an. Subjek penelitian adalah para mahasiswa FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sejumlah 13 orang dan 3 rater pada uji coba terbatas, dan 90 orang dan 9 rater yang terbagi dalam 3 kelas pada ujicoba lapangan. Validitas instrument dilakukan dengan validitas isi (content validity) dengan melibatkan pendapat ahli pengukuran, ilmu qur'an dan qiro'at. Penentuan koefisien reliabilitas instrument penilaian dilakukan dengan menggunakan pendekatan generalizability theory dengan menggunakan bantuan program EduG version 6.1. Hasil penelitian menunjukkan: 1) instrument penilaian tahsinul qur'an terdiri dari 4 aspek penilaian yaitu: tajwid, ahkam al waqf wa al ibtida', ghorib, fashohah. 2) Validitas terbukti melalui validitas isi dengan perolehan index aiken sebesar > 0.67. reliabilitas instrument pada tahap ujicoba terbatas diperoleh koefisien generalizability sebesar 0.82 dan pada ujicoba lapangan dengan sampel luas diperoleh koefisien generalizability sebesar 0.88 dapat dikatakan reliabel dengan nilai koefisien generalizability > 0.80. Jumlah rater yang disarankan pada desain faset MXRXB sebanyak 3 orang untuk nilai kestabilan sebesar 0.82 dan kesalahan pengukuran sebesar 0,03 (3%), desain faset (M:R:K)B dengan 2 rater untuk nilai kestabilan sebesar 0.88 dan kesalahan pengukuran sebesar 0.01 (1%). 3) Hasil penilaian tahsinul qur'an menunjukkan 41 mahasiswa belum dinyatakan lulus dan 49 orang lulus. nilai interaksi rater yang bersarang pada kelas sebesar 1.4% dimana dapat dikatakan rater melakukan penilaian dengan stabil pada tiap kelas, dan nilai varian yang menunjukkan interaksi varian rater dan butir sebesar 1.6% dimana pemahaman tiap rater terhadap butir instrument dapat dikatakan sepaham. Kata Kunci: Instrumen penilaian, tahsinul qur'an, generalizability theory

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:57
Last Modified: 21 Aug 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65414

Actions (login required)

View Item View Item