Rohmatulloh, Ana and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Implementasi Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 Di Kelas IV SD Muhammadiyah Bodon, Banguntapan, Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (796kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan memaknai (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)penilaian, (4)dukungan, (5)hambatan yang ditemui guru dan upaya mengatasi hambatan dalam Implementasi pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 Di Kelas IV SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala SD Muhammadiyah Bodon. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang merupakan bentuk dari implementasi pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar angket, dan pedoman analisis RPP. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)perencanaan pembelajaran IPA yang dilakukan guru pada kurikulum 2013 dengan mengkaji silabus dan buku guru, serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan dengan Pendekatan Saintifik. (2)Pelaksanakan muatan pembelajaran IPA mengintegrasikan dengan muatan mata pelajaran lain dalam bentuk tema menggunakan Pendekatan Saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. (3)Penilian pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 tersebut guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. (4)Sekolah mendukun penuh proses pelaksanaan Implementasi pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 dengan RAPBS.( 5)Hambatan yang dialami guru pada implementasi pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 meliputi hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Untuk mengatasi hambatan tersebut guru melakukan diskusi dengan guru lain.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajan IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 08:05 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 01:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65399 |
Actions (login required)
View Item |