Pekik, Wicaksono (2012) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
pekik.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012.(2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012.(3) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. (4) Pengaruh fasilitas belajar, motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 394 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 150 dengan menggunakan bantuan Nomogram Hary King dengan taraf kesalahan 5% dan Confidence Interfal sebesar 90%. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik Probability Sampling jenis Disproportionate Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan r x1y = 0,009, r 2x1y= 0,000, t hitung = 0,111. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan r x2y = 0,291, r 2x1y= 0,085, t hitung = 3,704 . (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan R x3y = 0,401, r 2x3y = 0,161, Fhitung = 5,331. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar, motivasi dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan Ry(123) = 0,461, R2y(123) = 0,212, Fhitung = 13,113. Serta masing-masing variabel mempunyai sumbangan efektif terhadap perubahan pada prestasi belajar siswa sebesar -0.223% untuk fasilitas belajar siswa, 6.01% untuk motivasi belajar siswa, dan sebesar 15.46 % untuk minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:49 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6539 |
Actions (login required)
View Item |