Dampak Modernitas K-pop pada Gaya Hidup Siswi MTs Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta

Solihah, Ni'matus (2019) Dampak Modernitas K-pop pada Gaya Hidup Siswi MTs Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
fulltext-nimatus solihah-16705251027_compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) gambaran umum K-pop di MTs Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta; 2) dampak K-pop terhadap gaya hidup siswi K-popers; 3) dampak K-pop pada pendidikan karakter siswi K-popers pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasi di MTs Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Informan penelitian ini yaitu siswi dan guru di MTs Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaituk observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) fenomena K-pop di MTs Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta terlihat dari mayoritas tayangan K-pop yang dilihat pada hari libur berupa hal-hal yang berhubungan dengan K- pop. Terdapat atribut-atribut K-pop yang dimiliki siswi. Peniruan tarian khas K- pop yang ditampilkan di depan umum. 2) Dampak K-pop pada gaya hidup siswi K-popers MTs Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yaitu waktu luang yang seharusnya digunakan untuk istirahat atau mempelajari kembali materi di sekolah dan pesantren digunakan untuk mengonsumsi konten-konten K-pop, siswi K-popers lebih mengutamakan pembelanjaan produk K-pop daripada keperluan untuk sekolah dan pesantren, tayangan dewasa yang ditampilkan K-pop menyebabkan rasa penasaran dan ingin mencoba di kalangan siswi K-popers. 3) K-pop menyebabkan konsentrasi siswi K-popers pada saat pembelajaran IPS teralihkan, sehingga menyebabkan nilai-nilai pendidikan karakter tidak dapat tersampaikan dan terserap dengan baik. Hal ini dikarenakan siswi K-popers merasa bahwa K-pop membuat candu yang selalu ingin dibicarakan. Kata Kunci: Siswi K-popers, gaya hidup, pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:55
Last Modified: 20 Aug 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65328

Actions (login required)

View Item View Item