Meo, Yohanes Fisher (2019) Konstruksi Subjektivitas Petani Dalam Proses Pendidikan Formal di Sekolah Pertanian Kabupaten Nagekeo – NTT – Indonesia. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
fulltext-yohanes fisher meo-16705251010.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri proses konstruksi pendidikan pertanian di Kabupaten Nagekeo terlebih khusus dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan pertanian. Riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang mana peneliti sebagai instrumen kunci yang didukung dengan wawancara mendalam, observasi, serta dokumen. Informan yang dipilih adalah para siswa di Sekolah Menengah Kejuran (SMK) dan mahasiswa Politeknik yang mengambil jurusan pertanian sebagai informan utama; Guru, kepala sekolah, alumni sekolah pertanian, dan orangtua siswa sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk pendidikan pertanian di Kabupaten Nagekeo mengalami stagnasi, karena pendidikan tidak memberikan solusi/pengetahuan alternatif dalam proses pendidikan pertanian. Konstruk pengetahuan pertanian yang ada justru lebih menekankan sistem pengetahuan pertanian modern/kapital (produktifitas, modal dan teknologi) tanpa mengakomodir pengetahuan pertanian lokal di tengah kriris ekonomi orangtua siswa (petani) yang sulit mengakses kapital dan modernitas. Konstruksi pengetahuan pertanian lebih menonjolkal teknikal tanpa mengisi subjek petani yang kuat secara politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada titik inilah realitas pendidikan pertanian yang dihadirkan jutru belum bisa menjawabi persoalan dan permasalahan yang dialami petani yang selalu tergantung pada pihak pemodal/korporasi. Kata Kunci: Konstruksi, Petani, Pendidikan Pertanian, Kabupaten Nagekeo
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:08 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |