PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN DAN MACAM-MACAM SAKU TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMASANGAN ROMPOK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEWON

Syaifah, Umi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN DAN MACAM-MACAM SAKU TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMASANGAN ROMPOK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon tanpa menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku, (2) mengetahui pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku, (3) membuktikan ada pengaruh penggunaan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku terhadap pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik antar-ratert agreement. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon tanpa menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku sebanyak 25 siswa (83,33%) telah mencapai KKM, (2) pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku sebanyak 30 siswa (100%) telah mencapai KKM, (3) ada pengaruh penggunaan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku terhadap pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon. Hal ini dilihat dari hasil penghitungan dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel(4,165 > 2,060) dengan nilai P < 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, Pencapaian Kompetensi, Rompok
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:35
Last Modified: 20 Aug 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65313

Actions (login required)

View Item View Item