Syaifah, Umi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN DAN MACAM-MACAM SAKU TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMASANGAN ROMPOK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon tanpa menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku, (2) mengetahui pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku, (3) membuktikan ada pengaruh penggunaan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku terhadap pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik antar-ratert agreement. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon tanpa menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku sebanyak 25 siswa (83,33%) telah mencapai KKM, (2) pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon menggunakan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku sebanyak 30 siswa (100%) telah mencapai KKM, (3) ada pengaruh penggunaan modul penyelesaian tepi pakaian dan macam-macam saku terhadap pencapaian kompetensi pemasangan rompok pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon. Hal ini dilihat dari hasil penghitungan dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel(4,165 > 2,060) dengan nilai P < 0,05 (0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Pencapaian Kompetensi, Rompok |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 02:35 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 02:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65313 |
Actions (login required)
View Item |