Dampak Implementasi Modeling Simbolis Pada Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Penigkatan Mindset, Minat dan Keterampilan Berwirausaha Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Darmawan, Yusron Ardi (2019) Dampak Implementasi Modeling Simbolis Pada Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Penigkatan Mindset, Minat dan Keterampilan Berwirausaha Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
YUSRON ARDI DARMAWAN-16719251019-P. Ekonomi.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kecenderungan mindset, minat, dan keterampilan berwirausaha siswa pada kelas yang menggunakan modeling simbolis dan kelas yang tanpa menggunakan modeling simbolis. (2) Peningkatan dan perbedaan mindset, minat, dan keterampilan berwirausaha siswa antara kelas yang menggunakan modeling simbolis dengan kelas yang tanpa menggunakan modeling simbolis.. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan menggunakan quasi-eksperimental. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modeling simbolis , sedangkan variabel terikat mindset, minat, dan keterampilan berwirausaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan tabel, paired t test, dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil kategorisasi diketahui bahwa setelah penerapan modeling simbolis mayoritas mindset berwirausaha siswa termasuk kategori tinggi sebanyak 18 orang (52,9%) dengan persen perubahan 12,18%, mayoritas minat berwirausaha siswa termasuk kategori tinggi sebanyak 20 orang (58,8%) dengan persen perubahan 14,04%, dan mayoritas keterampilan berwirausaha siswa termasuk kategori sangat tinggi sebanyak 20 orang (58,8%) dengan persen perubahan 12,58%. Sedangkan mindset berwirausaha siswa tanpa penerapan modeling simbolis diperoleh hasil bahwa mayoritas siswa termasuk kategori sedang sebanyak 20 orang (60,6%) dengan persen perubahan 12,17%, mayoritas minat berwirausaha siswa termasuk kategori tinggi sebanyak 20 orang (60,6%) dengan persen perubahan 8,64% dan mayoritas keterampilan berwirausaha siswa termasuk kategori rendah sebanyak 28 siswa (84,8%) dengan persen perubahan 8,72%. 2) Hasil analisis deskriptif selisih rerata mindset dengan modeling simbolis sebesar 8,647, selisih nilai minat sebesar 9,912, dan selisih nilai rerata keterampilan sebesar 10,294. Sedangkan pada kelas yang tanpa menggunakan modeling simbolis, hasil deskriptif selisih rerata mindset sebesar 8,182, selisih nilai minat sebesar 6,061, dan selisih nilai rerata keterampilan sebesar 6,455.   Kata Kunci: Modeling simbolis, mindset, minat, dan keterampilan berwirausaha.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:41
Last Modified: 19 Aug 2019 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65303

Actions (login required)

View Item View Item