Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta

Wardana, Bangun Hutama (2019) Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bangun hutama wardana-15701251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan konstruksi instrumen pengukur HOTS matematika pada siswa SMA kelas X Kota Yogyakarta yang valid dan reliabel, (2) mengetahui karakteristik instrumen HOTS matematika siswa SMA Negeri Kota Yogyakarta. (3) medeskripsikan kemampuan HOTS matematika siswa SMA Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model PCM yang berasal dari pemodelan Rasch (Rasch Model). Tahapan pengembangan tes menggunakan model Djemari Mardapi, yakni: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis tes, (3) mentelaah tes, (4) melakukan ujicoba tes, (5) menganalisis butir-butir tes, (6) memperbaiki tes, (7) merakit tes, (8) melaksanakan tes (9) menafsirkan hasil tes. Lokasi Penelitian di SMA Negeri 1, 3, 5, 9, 10, dan 11 di Kota Yogyakarta.Sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah 750 siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta.Sampel Uji Coba dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa mengikuti ketetapan penelitian pemodelan Rasch (Rasch Model), sedangkan sampel untuk pengukuran sebesar 550 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda beralasan tertutup untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Instrumen tes divalidasi oleh 2 orang dosen ahli yang masing-masing sebagai ahli pada bidang pendidikan matematika dan ahli pengukuran HOTS. Reliabilitas tes menggunakan teknik Cronbach Alpha lebih besar 0,5. Hasil penelitian pengembangan diperoleh: (1.a.) Konstruk instrumen dengan jumlah butir sebanyak 20 butir soal yang terdiri dari 10 aspek butir menganalisis, 7 mengevaluasi dan 3 Mencipta. (1.b.) Validitas isi pada penelitan ini yaitu sebesar 0,9. (1.c.) Instrumen yang dikembangkan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,911. (2.a.) Hasil menunjukkan semua butir soal dari instrumen HOTS cocok dengan model PCM. (2.b.) Semua butir soal dari instrumen HOTS memiliki tingkat kesulitan dengan kategori sedang yaitu antara 0,74 s/d 1,22. (3.a) Berdasarkan 550 responden didapat pola respon jawaban sebanyak 529 untuk aspek menganalisis, 407 aspek evaluasi, dan 49 aspek mencipta. (3.b.) Deskripsi kemampuan HOTS siswa SMA Negeri kelas X di Kota Yogyakarta yaitu: kemampuan sangat tinggi sebesar 8,54%, kemampuan tinggi sebesar 20,18%, kemampuan sedang sebesar 37,09%, kemampuan rendah sebesar 28,36%, dan kemampuan sangat rendah sebesar 5,81%. Kata Kunci : HOTS, matematika, pilihan ganda, tes.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:22
Last Modified: 01 Nov 2021 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65297

Actions (login required)

View Item View Item