Komparasi Reliabilitas Instrumen Penilaian Minat Terhadap Pembelajaran Akuntansi SMK Menggunakan Skala Thurstone, Likert, dan Guttman

Wardhana, Ardy Pratama Putra (2019) Komparasi Reliabilitas Instrumen Penilaian Minat Terhadap Pembelajaran Akuntansi SMK Menggunakan Skala Thurstone, Likert, dan Guttman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardy pratama putra wardhana-14701251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karakteristik instrumen nontes yang dikembangkan untuk mengukur minat siswa SMK dalam pembelajaran akuntansi; (2) fungsi informasi berdasarkan hasil analisis; (3) instrumen yang paling reliabel dalam mengukur minat siswa SMK; (4) kesalahan pengukuran bagi instrumen non-tes yang dikembangkan untuk mengukur minat siswa SMK; (5) instrumen estimasi kesalahan pengukuran paling kecil pada skala Thurstone, Likert, dan Guttman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan 12 SMK yang dipilih secara Stratified Random Sampling sebagai sampel. Instrumen diuji validitas isinya melalui expert judgement. Penentuan estimasi kesalahan pengukuran dan reliabilitas instrumen non-tes menggunakan Teori Respon Butir. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik instrumen non-tes yang dikembangkan untuk mengukur minat siswa SMK dalam pembelajaran akuntansi memiliki 35 butir pertanyaan dengan menggunakan skala Thurstone, Likert, dan Guttman. (2) Berdasarkan hasil analisis, skala Guttman memiliki nilai fungsi informasi tes maksimum 21,7721 pada θ sekitar -0,35 logit. Skala Likert memiliki nilai fungsi informasi tes maksimum 22,7579 pada θ sekitar 0,05 logit. Pada skala Thurstone memiliki nilai fungsi informasi tes maksimum 25,6691 pada θ sekitar 0 logit. (3) Berdasarkan nilai fungsi informasi tes, Skala Thurstone memiliki reliabilitas paling tinggi. (4) Skala Guttman memiliki kesalahan pengukuran sebesar 0,2143. Skala Likert memiliki kesalahan pengukuran sebesar 0,2096. Skala Thurstone memberikan informasi yang baik, dengan kesalahan pengukuran terkecil yaitu 0,1973. (5) Skala Thurstone memiliki estimasi kesalahan pengukuran paling baik. Kata Kunci: instrument minat, komparasi, pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:53
Last Modified: 01 Nov 2021 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65270

Actions (login required)

View Item View Item