Penciptaan Tari Kreasi Ceng-ceng Krinceng sebagai Terapi Wiraga, Wirasa, Wirama Anak Autis dengan Pendekatan Kinesiologi

Trisnawati, Cindy (2019) Penciptaan Tari Kreasi Ceng-ceng Krinceng sebagai Terapi Wiraga, Wirasa, Wirama Anak Autis dengan Pendekatan Kinesiologi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Cindy Trisnawati-15724251006-P. Seni.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menambah berbendaharaan Tari Kreasi yang inovatif dan kreatif untuk anak autis serta meningkatkan sasaran terapi ketrampilan dalam pembelajaran Seni Tari untuk mengolah wiraga, wirasa, wirama dengan Pendekatan Kinesiologi. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Objek penelitiannya adalah gerak. Subjek penelitiannya anak-anak autis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah level satu yang meliputi kegiatan analisis dilakukan pada saat proses penelitian sebagai bahan untuk perencanaan produk. Adapun Uji Keabsahan Data menggunakan validasi instrument dan validasi karya. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak autis memiliki kebiasaan mengepak-ngepak tangan, berjalan jinjit, berjalan-jalan, berlari-lari, meloncatloncat, berputar-putar, kurang bisa mengontrol emosi, serta memiliki ekspresi datar. Adapun aspek terapi wiraga, wirasa, wirama pada Tari Ceng-ceng Krinceng terdapat pada semua ragam yaitu ragam satu sampai tujuh. Terapi wiraga berfungsi sebagai pembentukan gerak dan pembentukan sikap dengan mempertimbangkan kemudahan teknik, motif, dan rangkaian gerak yang sederhana. Terapi wirasa bertujuan untuk mengolah emosi anak autis yaitu dengan menyesuaian gerak yang ceria/gembira sesuai karakter anak-anak. Terapi wirama bertujuan melatih kecepatan, kelincahan, dan ketepatan dalam bergerak. Adapun manfaat secara keseluruhan sebagai koordinasi gerak tangan, kepala dan kaki anak autis supaya lebih teratur. Bentuk Tari Ceng-ceng Krinceng berupa Tari Kreasi Baru berorientasi gerak dan musik Jawa Timuran yang bersifat dinamis. Properti yang dikenakan krincing di kaki, tari ini merupakan tari tunggal berdurasi 05.04 menit. Adapun gerakkan Tari Ceng-ceng Krinceng sebagai berikut, Jalan (4x8), Sendi (1x8), Gerak ngelung (4x8), Gerak pindah tangan kanan-kiri,jinjitjinjit (4x8), Jalan gedruk ke kanan-kiri (4x8), Gerak maju lembeyan atas (4x8), Gerak bermain kaki (2x8), Gerak awe-awe (4X8), Usap atas bawah manggutmanggut (2X8), Memutar tangan, kepala manggut-manggut (1X8), Putar-putar tangan (2x8), Gerak jeng, jeng, jeng tangan (2x8), posisi duduk (1x8), Maju manggut-manggut (1x8), Jalan megol kecil-kecil (1x8). Adapun bentuk tari dipertimbangkan dengan Pendekatan Kinesiologi yaitu ilmu yang mempelajari gerak tubuh manusia. Kata Kunci: Penciptaan Tari, Terapi wiraga, wirasa, wirama, Pendekatan Kinesiologi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:23
Last Modified: 14 Aug 2019 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65244

Actions (login required)

View Item View Item