Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa(Performance Assessment) dalam PembelajaranPraktikum Fisika SMA Negeri Magelang.

Lutasari, Silvia (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa(Performance Assessment) dalam PembelajaranPraktikum Fisika SMA Negeri Magelang. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-silvia lutasari-14701251029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penilaian kinerja siswa sangatlah penting untuk dilakukan, namun belum ada instrumen yang valid dan reliabel untuk keperluan tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja siswa SMA. Instrumen yang dikembangkan perlu didiskripsikan konstruk dan karakterisktik instrumen serta respon siswa terhadap instrumen tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan. Terdapat 3 tahap langkah dalam mengembangkan instrumen, yaitu: studi pendahuluan, uji coba terbatas, dan uji produk konstruk instrumen penilaian kinerja siswa. Subjek penelitian ini ialah instrumen penilaian kinerja siswa SMA dan objek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Kota Magelang. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui validitas isi menggunakan formula Aiken dan analisis konstruk menggunakan pendekatan Exploratory Factor Analysis. Reliabilitas instrumen penilaian kinerja siswa SMA dilakukan dengan menggunakan formula Cronbach’s Alpha dan Reabilitas inter-rater menggunakan formula Ebel. Berdasarkan uji coba validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan termasuk baik, tetapi masih memerlukan sedikit perbaikan. Hasil revisi berdasarkan masukan para ahli, guru dan konsultasi pembimbing dihasilkan instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Instrumen yang dibuat dapat digunakan untuk penilaian kinerja siswa SMA

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian kinerja, praktikum fisika siswa SMA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:51
Last Modified: 19 Apr 2021 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65233

Actions (login required)

View Item View Item