JPENGEMBANGAN MODUL GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Wicaksana, Sigit (2019) JPENGEMBANGAN MODUL GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mengembangkan modul pembelajaran, (2) menguji tingkat kelayakan modul, untuk pembelajaran Gambar Teknik yang digunakan sebagai bahan belajar siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Audio Video di SMK N 3 Wonosari. Pengembangan modul ini mengunakan metode (Research and Development), dengan pengembangan menurut Borg & Gall. Tahapan (1) modul yang digunakan belum tersusun secara sistematis, (2) meawancarai guru mata pelajaran, (3) membuat cover , (4) validasi dilakukan oleh ahli materi dan media, (5) menambahkan silabus, (6) mencetak modul , (7) menguji pada 11 siswa , (8) penambahan daftar gambar, (9) menguji pada 23 siswa, (10) perbaiakan kejelasan gambar dan (11) modul Gambar Teknik. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu (1) wawancara untuk pengembangan modul dan (2) kuesioner untuk mengetahui tingkat kelayakan modul. Pengujian melalui dua tahapan yaitu (1) validasi produk oleh ahli, (2) pengujian oleh pengguna akhir (siswa). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembanga ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Gambar Teknik Kelas X Semester Ganjil dan Genap. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, materi pelajaran, soal latihan disetiap semester dan daftar pustaka dengan total keseluruhan 74 dan 44 lembar. Bahasa yang di gunakan pada modul pembelajaran yaitu bahasa Indonesia. Hasil uji kelayakan menujukan bahwa modul pembelajaran secara keseluruhan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut di buktikan dari hasil penilaian validator ahli materi dari 5 kriteria penilaian diperoleh rara-rata sebesar 3.33 yang dapat dikategorikan “Sangat Baik”, hasil validasi ahli media dari 6 kriteria penilaian diperoleh rata-rata 3.20 (Baik), sedangkan dari uji coba terhadap siswa, yang terdiri dari uji coba terbatas dan uji coba keterbacaan, di dapatkan rata-rata sebesar 3.30 (Sangat Baik) dan 3.34 (Sangat Baik). Dua hasil uji coba tersebut jika dirata-ratakan akan mendapatkan hasil akhir sebesar 3.32 (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, Gambar Teknik Kelas X, Teknik Audio Video
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:46
Last Modified: 13 Aug 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65232

Actions (login required)

View Item View Item