Efek pemberian buah naga terhadap kadar Malondealdehide (MDA) pada Atlet Muay Thai dengan metode High Intensity Interval Training (HIIT)

Hakim, Abdul Latif Rahman (2019) Efek pemberian buah naga terhadap kadar Malondealdehide (MDA) pada Atlet Muay Thai dengan metode High Intensity Interval Training (HIIT). S2 thesis, UNY.

[img] Text
Abdul Latif Rahman Hakim-16711251028-Ikor-min.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian buah naga terhadap penurunan kadar MDA sebagai parameter tingginya radikal bebas pada atlet muay thai dengan metode latihan HIIT Tabata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pemberian perlakuan selama 18 kali menggunakan pretest-posttest kontrol group design dengan jenis penelitian true experimental lbortories. Subjek penelitian ini berjumlah 20 atlet muay thai. Subjek di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (mengkonsumsi buah naga). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara mengambil darah dari vena ante cubiti pada sampel. Kemudian sampel darah dibawa ke laboratorium untuk mengukur kadar malondialdehid kelompok kontrol, kelompok perlakuan I, dan II dengan menggunakan metode TBARS. Analisis data menggunakan tiga tahap pengujian yaitu pengujian normalitas, pengujian homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil yang peroleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Pengujian normalitas didapat data nilai signifikansi dari setiap kelompok >0.05 sehingga data berdistribusi normal; 2) Pengujian homogenitas didapat data nilai signifikansi dari setiap kelompok >0.05 sehingga data berdistribusi homogen; 3) Hasil uji beda kelompok kontrol-treatment, nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0.752 >0.05, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian ini, maka daapat diketahui bahwa: 1) Kadar MDA pada atlet muay thai yang diberikan latihan dengan metode HIIT mengalami peningkatan yang cukup tinggi; 2) Pemberian buah naga terbukti berhasil menurunkan kadar MDA pada atlet muay thai yang diberikan latihan dengan metode HIIT; 3) Tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet muay thai yang mengkonsumsi buah naga dengan atlet muay thai yang hanya melakukan latihan dengan menggunakan metode HIIT terhadap penurunan MDA pada darah. Kata Kunci: MDA, HIIT, Buah Naga

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:10
Last Modified: 12 Aug 2019 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65192

Actions (login required)

View Item View Item