Model Latihan YOKO TECHI untuk Meningkatkan Fungsi Gerak dan Menurunkan Kecemasan pada Wanita Pralansia dan Lansia

Lalarni, Husnul Khatimah (2019) Model Latihan YOKO TECHI untuk Meningkatkan Fungsi Gerak dan Menurunkan Kecemasan pada Wanita Pralansia dan Lansia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Husnul Khatimah Lalarni-16711251037-Ikor.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan untuk meningkatkan fungsi gerak dan menurunkan kecemasan pada pralansia dan lansia. Yang merupakan gabungan dari yoga, makko ho, pilates dan tai chi sehingga dinamakan YOKO TECHI, yang diharapkan dapat meningkatkan fungsi gerak dan menurunkan kecemasan pada pralansia dan lansia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan langkahlangkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk (skala kecil), (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian (skala besar), (9) revisi produk, (10) uji keefektifan produk, dan (11) produk akhir. Uji coba skala kecil dan besar menggunakan metode observasi dan wawancara dan uji keefektifan menggunakan metode praeksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan pada Posyandu Lansia Amrih Sehat Desa Jatijajar, Kec. Bergas, Semarang. Penelitian ini diikuti oleh 10 orang subjek uji coba kelompok kecil dan 15 orang subjek uji coba kelompok besar dan uji keefektifan produk. Perlakuan latihan YOKO TECHI dilakukan tiga kali seminggu selama enam minggu. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan komputer program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model latihan YOKO TECHI yang terdiri dari 27 gerakan latihan berupa sembilan gerakan yoga yaitu 1) Natarajasana, 2) Swing Warrior, 3) Adho Mukha Svanasana, 4) Uttita Trikonasana, 5) Parivrtta Ardha Chandrasana, 6) Maricyasana II, 7) Navasana, 8) Savasana dan 9) Sukhasana. Lima gerakan makko ho yaitu 1) Spleen and Stomach, 2) Lung and Intestine, 3) Heart and Small Intestine, 4) Kidney and Bladder, dan 5) Liver and Galbladder. Delapan gerakan pilates yaitu 1) Leg Stretch, 2) Cat Stretch, 3) Spine Stretch, 4) Saw Stretch, 5) Footwork Series, 6) Pelvic Peel, 7) Seal dan 8) Side Lying. Lima gerakan tai chi yaitu 1) menjalin tangan menyanggah langit, 2) menarik busur, 3) memutar lengan menganggkat tumit, 4) memutar badan dengan pinggul, dan 5) mengangkat tangan mengusap pinggang hingga kaki. Seluruh rangkaian gerakan YOKO TECHI tersebut dapat meningkatkan fungsi gerak pada pra lansia dan lansia serta dapat menurunkan tingkat kecemasan dengan jumlah peningkatan fungsi gerak bahu sebesar 17,08%, punggung terjadi peningkatan fungsi gerak sebesar 22,45%, ekstremitas bawah terjadi peningkatan fungsi gerak sebesar 21,83%, dan pada kecemasan terjadi penurunan kecemasan sebesar 10,93%. Kata Kunci:, fungsi gerak, kecemasan, lansia, latihan YOKO TECHI, pralansia,

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:24
Last Modified: 12 Aug 2019 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65177

Actions (login required)

View Item View Item