Makna, Fungsi dan Nilai-nilai Edukatif Kesenian Alu Katentong dalam Upacara Perkawinan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Engga, Dallion. EW (2019) Makna, Fungsi dan Nilai-nilai Edukatif Kesenian Alu Katentong dalam Upacara Perkawinan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-engga dallion. ew-16724251025.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis makna, fungsi dan nilai- nilai edukatif kesenian Alu Katentong dalam konteks upacara perkawinan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis deskriptif yang menggunakan metode etnografi, yang dipertajam dengan analisis struktural fungsional Talcott Parsons yang mengembangkan skema AGIL dalam sistem sosial. Penelitian dilakukan di Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Objek penelitian adalah kesenian Alu Katentong dalam upacara perkawinan. Informan penelitian adalah pelaku seni, tokoh adat, pemerintahan setempat dan masyarakat. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data didapat dari berbagai sumber, dan dianalisis secara berulang-ulang sampai data jenuh. Dikenal dengan istilah analisis singular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alu Katentong dalam upacara perkawinan memiliki makna: a) Alu Katentong sebagai simbol matrilinealisme di Minangkabau; b) Filosofi kaba baiak baimbauan, kaba buruak baamburan; c) Simbol bundo kanduang sebagai pemimpin di rumah gadang; d) filosofi saciok bak ayam, sadanciang bak basi dalam Alu Katentong; e) makna padi dalam Alu Katentong, yaitu makna belajar kepada ilmu padi, dan sebagai simbol kesuburan; f) simbol hubungan manusia kepada Allah, manusia, dan alam; dan g) makna dan peranan mitos Alu Katentong dalam pelestarian. Fungsi kesenian Alu Katentong, yaitu: a) sebagai media hiburan; b) sebagai media komunikasi; c) sebagai sarana upacara; dan d) sebagai media pendidikan. Dan nilai-nilai edukatif kesenian Alu Katentong yaitu; a) nilai religi; b) nilai kepemimpinan; c) nilai musyawarah; d) nilai gotong-royong; e) nilai kebersamaan; f) nilai solidaritas; g) nilai tenggang rasa; h) nilai ajaran ketidaksombongan; dan i) nilai cinta ranah Minang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Alu Katentong; makna; fungsi; nilai-nilai edukatif.
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:13
Last Modified: 09 Aug 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65160

Actions (login required)

View Item View Item