Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif/kelompok Melalui Permainan Berurutan untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

Bessu, Lidia Vera (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif/kelompok Melalui Permainan Berurutan untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Lidia Vera Bessu-16717251043-PAUD.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui unsur-unsur yang dibutuhkan dalam pembelajaran permainan berurutan anak usia 5-6 tahun, (2) untuk mengetahui kelayakan model pembelajaran melalui permainan berurutan bagi anak usia 5-6 tahun, dan (3) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi 3 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) proses pengembangan, dan (3) uji coba. Subjek uji coba lapangan awal (terbatas) adalah 10 orang anak dan 1 orang guru kelompok B TK Sta. Theresia Tunas Harapan. Subjek uji coba lapangan (luas) adalah 28 anak dari dua sekolah yaitu TK St. Dominikus Weepangali dan TK Eben Haezer. Subjek uji coba operasional berjumlah 40 orang anak TK Islam Bina Taqwa. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran hasil pengembangan model pembelajaran kooperatif/kelompok melalui permainan berurutan ditinjau dari materi berkategori “sangat baik” dan tampilan media berkategori “baik”. Terdapat perbedaan nilai hasil akhir pembelajaran antara pretest dan posttest setelah menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan model pembelajaran kooperatif/kelompok melalui permainan berurutan dengan p < 0,05 yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif/kelompok melalui permainan berurutan dapat meningkatkan motorik halus anak. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif/kelompok, permainan berurutan, motorik halus.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:33
Last Modified: 08 Aug 2019 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65144

Actions (login required)

View Item View Item