Efektivitas Penggunaan Media Edmodo dan Socrative Untuk Meningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Falah Jakarta

Ridwan, Daenuri (2019) Efektivitas Penggunaan Media Edmodo dan Socrative Untuk Meningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Falah Jakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Daenuri Ridwan-16719251016-P. Ekonomi.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan 1) efektivitas penggunaan media edmodo dan socrative untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa; dan 2) perbedaan efektivitan antara penggunaan media edmodo dan socrative untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan eksperimen kuasi (quasi experiment), dengan sasaran siswa kelas XI IIS di MA. Al-Falah Jakarta. Populasi sebanyak 61 siswa, terdiri atas 31 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberikan perlakuan media edmodo dalam proses pembelajaran dan 30 siswa sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberikan perlakuan media scorative dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda dan angket. Analisis data menggunakan paired sampel test untuk mengetahui pengaruh penggunaan media edmodo dan socrative dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa, serta uji MANOVA untuk mengetahui perbedaaan efektivitas antara penggunaan media edmodo dan socrative dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penilaian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media edmodo dan socrative efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (0,000 < 0,05) dan hasil belajar siswa (0,000 < 0,05); (2) penggunaan media edmodo lebih efektif daripada media socrative untuk meningkatkan motivasi belajar (89,73 > 79,90) dan hasil belajar siswa (89 > 84,67). Kata kunci: edmodo, motivasi belajar, hasil belajar, socrative

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:49
Last Modified: 07 Aug 2019 04:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65132

Actions (login required)

View Item View Item