Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin Di SMk N 2 Pengasih Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin Dan Konversi Energi

Fitriyanto, Ridwan (2019) Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin Di SMk N 2 Pengasih Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin Dan Konversi Energi. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa jurusan mesin kelas X di SMK N 2 Pengasih yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa jurusan teknik mesin kelas X di SMK N 2 Pengasih siswa dengan jumlah 32 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis. Analisis data menggunakan deskritif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran koorporatif pada siswa jurusan mesin kelas X di SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran KMKE adalah dengan membagi kelas menjadi lebih kecil yaitu 16 orang yang kebetulan sudah terbagi oleh jadwal pelajaran yang ada. Setiap siswa dituntut untuk belajar berbicara, guru menunjuk seorang siswa untuk menerangkan sebuah materi, materi ditentukan dan diambilakan dari slide media pembelajaran. Siswa menerangkan kepada teman satu kelasnya, jika penjelasan siswa yang ditunjuk belum bisa dipahami oleh seluruh siswa, guru menjelaskan hingga materi dapat dipahami. Semua siswa akan mendapat kesempatan maju kedepan menjelaskan materi. Pada Siklus I, ada peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 8,89 % dan ada penurunan jumlah siswa yang tidak lolos KKM sebesar 12,90 %. Pada siklus II, ada peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 2,92% dan ada penurunan jumlah siswa yang tidak lolos KKM sebanyak sebanyak 22,58 %. Pada siklus III ada peningkatan prestasi belajar siswa sebanyak 4,46 % da nada penururnan siswa yang tidak lolos KKM sebanyak 22,58 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif peer teaching, kelistrikan mesin dan konversi energi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:34
Last Modified: 06 Aug 2019 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65093

Actions (login required)

View Item View Item