Pengaruh pembelajaran IPA model Susan LoucksHorsley dalam Android terhadap Scientific Literacy dan Communication and Collaboration Skills Peserta Didik

Farida, Ita Irawati (2019) Pengaruh pembelajaran IPA model Susan LoucksHorsley dalam Android terhadap Scientific Literacy dan Communication and Collaboration Skills Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ITA IRAWATI FARIDA 15708251028 P. Sains.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley terhadap scientific literacy peserta didik SMP di Kota Yogyakarta, (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley terhadap communication and collaboration skills peserta didik SMP di Kota Yogyakarta, dan (3) pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley dalam Android terhadap scientific literacy serta communication and collaboration skills peserta didik SMP di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi peserta didik SMP di Kota Yogyakarta yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sampel peserta didik diambil dari tiga sekolah yaitu SMP A yang mewakili sekolah kategori tinggi, SMP B yang mewakili sekolah kategori sedang, dan SMP C yang mewakili sekolah kategori rendah. Penentuan peserta didik yang masuk kelas eksperimen dan kontrol pada masing-masing sekolah dilakukan dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data terkait aspek scientific literacy dengan tes, sedangkan data communication and collaboration skills diambil dengan teknik observasi. Data penelitian dianalisis secara statistik dengan Uji Manova dan U Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley memberikan pengaruh yang signifikan terhadap scientific literacy peserta didik SMP pada semua sekolah, 2) pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley memberikan pengaruh yang signifikan terhadap communication and collaboration skills peserta didik SMP pada semua kategori sekolah, dan 3) pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley memberikan pengaruh yang signifikan terhadap scientific literacy serta communication and collaboration skills peserta didik SMP pada semua sekolah. Kata kunci : pembelajaran IPA, model Susan Loucks-Horsley, scientific literacy, communication and collaboration skills

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:52
Last Modified: 06 Aug 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65091

Actions (login required)

View Item View Item