Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Presentasi Mtateri Pembuatan Fragmen Saku PASSEPOILLE dengan KLEP Kelas Tata Busana SMK Negeri 1 Ngawen

Haqi, Lathifa (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Presentasi Mtateri Pembuatan Fragmen Saku PASSEPOILLE dengan KLEP Kelas Tata Busana SMK Negeri 1 Ngawen. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran multimedia presentasi materi pembuatan fragmen saku passepoille dengan klep; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran multimedia presentasi materi pembuatan fragmen saku passepoille dengan klep berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK N 1 Ngawen yang terdiri dari 10 orang kelas X Tata Busana A dan 30 orang kelas X Tata Busana B. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan studi dokumen, wawancara, serta angket. Validitas instrumen dibuktikan melalui validitas isi berdasarkan penilaian dari expert judgment. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alfa Conbrach dengan hasil sebesar 0,755 sehingga termasuk kedalam kategori kuat. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk multimedia presentasi materi pembuatan fragmen saku passepoille dengan klep kelas X Tata Busana SMK N 1 Ngawen; (2) kelayakan multimedia presentasi berdasarkan: (a) penilaian ahli materi dan media dengan hasil sangat layak dan prosentase sebesar 100%; (b) pada uji terbatas dengan hasil sangat layak dan prosentase sebesar 88,35%; (c) pada uji sesungguhnya dengan hasil sangat layak dan prosentase sebesar 94,98%. Multimedia presentasi yang layak menunjukkan bahwa media tersebut dapat diterapkan didalam proses pembelajaran pada materi pembuatan fragmen saku passepoille dengan klep dan membantu guru dan siswa untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, multimedia presentasi, fragmen saku passepoille
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:24
Last Modified: 06 Aug 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65090

Actions (login required)

View Item View Item