Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana Di Smk N 3 Klaten

Fatimah, Nurul (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana Di Smk N 3 Klaten. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana sebelum diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya di SMK Negeri 3 Klaten, (2) Mengetahui hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana setelah diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya di SMK Negeri 3 Klaten, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana Di SMK N 3 Klaten Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa, kelas X Tata Busana 3 berjumlah 32 siswa di jadikan sebagai kelas kontrol dan kelas X Tata Busana 4 berjumlah 32 di jadikan sebagai kelas eksperimen. Instrument dalam penelitian ini menggunakan instrument tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit sebelum diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya diperoleh hasil nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 74,47. Sedangkan, kelas eksperimen sebesar 74,74, (2) Hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit setelah diterapkan metode pemeblajaran Tutor Sebaya diperoleh hasil nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 74,78. Sedangkan kelas eksperimen sebesar 81,41. (3) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana di SMK N 3 Klaten. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test, pada kelas eksperimen didapatkan hasil signifikan sebesar 0,002 < 0,005 dengan kesimpulan adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh tersebut adalah pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana di SMK N 3 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Dasar Teknologi Menjahit, SMK, Tata Busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:13
Last Modified: 06 Aug 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65086

Actions (login required)

View Item View Item