Peran Bursa Kerja Khusus Dalam Penyaluran Lulusan Smk Sebagai Upaya Terwujudnya Link And Match Antara Sekolah Dengan Dunia Industri Di Smk Pgri 1 Mejayan

Rahmah, Nuur Lailatur (2019) Peran Bursa Kerja Khusus Dalam Penyaluran Lulusan Smk Sebagai Upaya Terwujudnya Link And Match Antara Sekolah Dengan Dunia Industri Di Smk Pgri 1 Mejayan. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER DLL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian peran Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam menyalurkan lulusan SMK sebagai upaya mewujudkan link and match antara sekolah dengan dunia industri di SMK PGRI 1 Mejayan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus BKK dan siswa Kelas XII SMK PGRI 1 Mejayan Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Validasi menggunakan expert judgement sedangkan untuk mencari nilai reliabilitas menggunakan perhitungan Cronbach’s Alpha. Data disajikan dengan persentase dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran BKK SMK PGRI 1 Mejayan dalam menyalurkan lulusan sebagai upaya terwujudnya link and match antara sekolah dengan dunia industri termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,52% yang meliputi kegiatan memberi pelayanan informasi kerja untuk siswa, pembekalan kerja untuk siswa, melakukan hubungan kerjasama atau link and match dengan instansi-instansi terkait, dan penyaluran lulusan. Petugas penjaringan dan komunikasi alumni sangat berperan penting dikarenakan penelusuran lulusan sangat dibutuhkan dalam menjalin relasi dengan alumni untuk menyalurkan lulusan ke dunia kerja; (2) hambatan yang dihadapi BKK SMK PGRI 1 Mejayan dalam membantu penyaluran kerja lulusan mencakup kurangnya jumlah pengurus BKK, fasilitas yang dirasa belum memadai, kesulitan dalam menempatkan lulusan karena banyaknya persaingan, kesulitan dalam menelusuri lulusan, serta tidak adanya alokasi dana untuk BKK; dan (3) upaya-upaya yang dilakukan oleh BKK, yaitu tetap memaksimalkan peran dengan keterbatasan jumlah pengurus serta fasilitas, berusaha aktif untuk mencari informasi lowongan kerja, melakukan pendekatan dan hubungan baik dengan mitra kerjasama, menghimbau siswa untuk mengikuti pelatihan keahlian, menggali informasi dari lulusan lainnya untuk menelusuri para lulusan dan menggunakan dana lain-lain sekolah untuk keperluan kegiatan BKK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran BKK, lulusan SMK, link and match.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Aug 2019 00:51
Last Modified: 06 Aug 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65073

Actions (login required)

View Item View Item