Pengembangan Trainer Kit Lift Dengan Kontrol Suara Berbasis Plc Omron Cp1e Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Negeri 2 Yogyakarta

Wicaksono, Suprayoga Erdin (2019) Pengembangan Trainer Kit Lift Dengan Kontrol Suara Berbasis Plc Omron Cp1e Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER s.d daftar lampiran.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Merancang bangun trainer kit lift dengan kontrol suara berbasis PLC Omron CP1E pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Negeri 2 Yogyakarta. (2) Mengetahui unjuk kerja media pembelajaran trainer kit lift dengan kontrol suara berbasis PLC Omron CP1E pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Negeri 2 Yogyakarta. (3) Mengetahui kelayakan media pemelajaran trainer kit lift dengan kontrol suara berbasis PLC Omron CP1E pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadaptasi metode ADDIE menurut Lee dan Owens yang meliputi: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) develope (pengembangan), (4) implement (implementasi), (5) evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk siswa dan empat pilihan jawaban untuk ahli. Validitas yang digunakan adalah berdasarkan pendapat dari dua ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Rancang bangun trainer kit lift dengan kontrol suara berbasis PLC Omron digunakan pendekatan metode ADDIE diadaptasi dari Lee and Owens. (2) Unjuk kerja dari trainer kit lift tergolong sangat baik yang ditunjukkan dengan lift dapat beroperasi sebagai mana mestinya dengan jarak jangkauan dari sensor suara pada trainer kit lift sejauh 3.5m. (3) Penilaian tingkat kelayakan oleh kedua ahli media terhadap media pembelajaran trainer kit lift mendapatkan nilai rata-rata 77 dengan persentase 87.50% sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Penilaian yang diberikan oleh kedua ahli materi terhadap media pembelajaran trainer kit lift mendapatkan nilai rata-rata 52 dengan persentase 86.67% sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Penilaian secara keseluruhan dari pengguna terhadap media pembelajaran trainer kit lift mendapatkan skor rerata 81,1 dengan persentase sebesar 84,48% dan masuk dalam kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, ADDIE, Trainer kit Lift, Kontrol Suara, PLC Omron.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:04
Last Modified: 05 Aug 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65066

Actions (login required)

View Item View Item