PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Windhiarti, Arizka Setya (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapan-tahapan pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran Gambar Teknik untuk siswa kelas X Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran Gambar Teknik untuk siswa kelas X Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Thiagrajan yaitu 4D models. Terdapat empat tahapan, yaitu (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penyebaran. Metode pengumpulan data menggunakan angket penilaian ahli dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SMK N 2 Yogyakarta pada Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) Kelas X. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) kelayakan aspek materi Modul Gambar Teknik mendapatkan hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 128 dengan presentase 91,43% atau jika dengan skala 100 menjadi 91,43 dan masuk kategori “Sangat Layak.” Sedangkan kelayakan media Modul Gambar Teknik mendapatkan hasil penilaian ahli media memperoleh skor 169 dengan presentase 78,24% atau jika dengan skala 100 menjadi 78,24 dan masuk kategori “Layak.” Selanjutnya, kelayakan berdasarkan hasil penilaian pengguna memperoleh skor 98,7 dengan presentase 87,6% atau jika dengan skala 100 menjadi 87,6 dan masuk kategori “Sangat Layak,” (2) komponen yang harus diperhatikan untuk peningkatan kelayakan modul adalah kesesuaian ilustrasi serta tata layout isi modul

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Gambar Teknik, Kelayakan, SMK Negeri 2 Yogyakarta.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:46
Last Modified: 02 Aug 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65046

Actions (login required)

View Item View Item