EDUFLASH: MEDIA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 2 SEWON

Septiana, Rita (2019) EDUFLASH: MEDIA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada pelajaran teknik animasi 2 dimensi, sebagian siswa masih merasa kesulitan dalam memahami materin pelajaran, hal ini dikarenakan masih terbatasnya buku paket pegangan dalam menunjang belajar mandiri siswa di luar sekolah, masing-masing siswa diharapkan memiliki catatan namun tidak banyak siswa memiliki buku paket pegangan, sehingga pada saat ulangan sebagian siswa merasa bingung mencari bahan untuk belajar, belum adanya inovasi media pembelajaran berbasis android yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dasar-dasar teknik animasi 2 dimensi berbasis android untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Sewon dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode penelitian menggunakan metode Research and development (R&D) serta menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle dengan melalui 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. (1) concept, dilakukan penyusunan tujuan pembelajaran, konsep materi dan konsep isi media; (2) design, langkah yang dilakukan meliputi merancang materi, desain storyboard dan membuat flowchart; (3) Material Collecting, dilakukan pengumpulan konten yang dibutuhkan untuk megembangkan media pembelajaran; (4) Assembly, dilakukan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran berbasis android dengan menggunakan software Adobe Flash CS6 dengan ekstensi Adobe Air for Android. Media pembelajran dilengkapi dengan fitur meliputi menu petunjuk, tujuan pembelajaran, materi dengan 4 kompetensi dasar yang dapat dipilih, video pembelajaran, soal latihan yang dibuat acak dengan menampilkan nilai diakhir pengerjaan, glosarium, profil dan daftar pustaka, 5) Testing, dilakukan pengujian produk oleh ahli media, ahli materi dan responden untuk mengetahui kelayakan produk; (6) Distribution, aplikasi selanjutnya disebarkan kepada siswa melalui flashdisk. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diperoleh dari subyek penelitian sebanyak 22 siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah media pembelajaran teknik animasi 2 dimensi berbasis android dengan tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian oleh ahli media memiliki rata-rata presentase sebesar 78% dengan kategori layak, penilaian ahli materi dikategorikan layak dengan rata-rata sebesar 74%, dan penilaian dari siswa memperoleh rata-rata sebesar 86.71% dengan kategori sangat layak. Jadi berdasarkan hasil pengujian alpha dan pengujian beta tersebut maka eduflash sebagai media pembelajaran teknik animasi 2 dimensi berbasis android ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, teknik animasi 2 dimensi, android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2019 01:26
Last Modified: 02 Aug 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65040

Actions (login required)

View Item View Item