PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D & 3D UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 GODEAN

Wardani, Anggie Ayu (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D & 3D UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. (2) Mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. (3) Mengetahui tanggapan siswa mengenai pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan pada penelitian ini adalah model APPED yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis dan penelitian Awal, (2) perancangan, (3) produksi, (4) evaluasi, dan (5) diseminasi. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean telah memenuhi kelayakan. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengujian kepada ahli materi adalah 82,5% dengan kategori sangat layak, hasil yang diperoleh dari pengujian oleh ahli media adalah 96,25% dengan kategori sangat layak, dan hasil yang diperoleh dari pengujian pengguna adalah sebesar 86,75% dengan kategori sangat layak. Hal ini membuktikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dikatakan sangat layak untuk digunakan pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran adalah positif yaitu mudah digunakan dan materi mudah dipahami. Selain itu tanggapan siswa lain adalah backsound yang digunakan dapat dibuat lebih relaxing agar lebih fokus dalam mempelajari materi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran interaktif, teknik animasi 2 dimensi dan 3 dimensi, APPED
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:18
Last Modified: 01 Aug 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65029

Actions (login required)

View Item View Item