PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI DI SD NEGERI 1 DEMANGAN YOGYAKARTA

Kurniawan, Nurva (2012) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI DI SD NEGERI 1 DEMANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Nurva Kurniawan_06105241017.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media komik pembelajaran mata pelajaran IPS kelas VI SD dengan materi “sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia” yang memenuhi kriteria standar baik pada aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan motivasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (research and development ) . Sebelum produk media komik pembelajaran diuji coba, media divalidasi oleh 1 orang ahli materi, dan 1 orang ahli media. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 38 orang yang terdiri dari 3 orang siswa untuk uji coba lapangan awal, 10 orang siswa untuk uji coba lapangan utama, 25 orang siswa untuk uji coba lapangan operasional. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 1 Demangan Yogyakarta. Pengembangan media komik pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji coba lapangan, dan revisi. Proses pengembangan mengacu pada pedoman penelitian menurut Borg & Gall. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket validasi ahli, angket penilaian uji coba produk, pedoman wawancara, dan lembar pengamatan. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa semua aspek dalam produk media komik pembelajaran yang dikembangkan baik. Hasil validasi ahli materi menunjukan bahwa aspek isi masuk kategori baik dengan rerata 3,78 dan aspek pembelajaran masuk kategori baik dengan rerata 3,8. Hasil validasi ahli media menunjukan bahwa aspek aspek fisik komik masuk kategori baik dengan rerata 4,17 serta aspek desain dan warna masuk kategori sangat baik dengan rerata 4,39. Hasil uji coba lapangan operasional menunjukan bahwa aspek isi masuk kategori baik dengan 3,70, aspek pembelajaran masuk kategori baik dengan 3,98, aspek tampilan masuk kategori baik dengan 3,59, sedangkan aspek motivasi masuk kategori baik dengan 3,81. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka media komik pembelajaran untuk mata pelajaran IPS kelas VI SD dengan materi “sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia” yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sebagai alternatife sumber belajar siswa kelas VI SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item View Item