PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI INDONESIA DAN MALAYSIA BERDASARKAN INTERNATIONAL STANDARDS FOR PHYSICAL EDUCATION AND SPORT FOR SCHOOL CHILDREN

Rumpis Agus Sudarko, M. S (2006) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI INDONESIA DAN MALAYSIA BERDASARKAN INTERNATIONAL STANDARDS FOR PHYSICAL EDUCATION AND SPORT FOR SCHOOL CHILDREN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Rumpis_Agus_Sudarko.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kurikulum pendidikan jasmani bagi sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia yang sesuai dengan standar global pendidikan jasmani. Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) membandingkan kurikulum pendidikan jasmani sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia, (2) menganalisis kesesuaian kurikulum pendidikan jasmani sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia dengan International Standards for Physical Education and Sport for School Children, (3) mengembangkan kurikulum pendidikan jasmani sekolah dasar yang sesuai dengan International Standards for Physical Education and Sport for School Children. Penelitian ini dirancang melalui dua tahap. Tahap pertama: penelitian survei dan studi dokumentasi, bertujuan untuk (1) membandingkan kurikulum pendidikan jasmani sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia, (2) menganalisis kesesuaian kurikulum pendidikan jasmani sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia dengan International Standards for Physical Education and Sport for School Children. Tahap kedua: penelitian pengembangan kurikulum pendidikan jasmani sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia yang sesuai dengan International Standards for Physical Education and Sport for School Children. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil pencermatan terhadap kurikulum pendidikan jasmani Indonesia dan Malaysia serta membandingkannya dengan International Standards for Physical Education and Sport for School Children, didapati fakta bahwa pada umumnya kurikulum dari kedua negara sudah mengarah, walaupun ada beberapa hal yang kiranya masih perlu mengalami perbaikan. Dalam kurikulum Indonesia maupun Malaysia masih belum memuat standart peninjauan kembali/review terhadap materi kurikulum. Selain itu, International Standards for Physical Education and Sport for School Children merupakan standart yang dibuat sebagai patokan standart pembuatan kurikulum, sehingga ketika diturunkan dalam kurikulum sebuah negara, seharusnya disesuaikan dengan setting sosio kultural dari negara yang bersangkutan. Dalam hal ini, belum cukup nampak dalam kurikulum pendidikan jasmani Indonesia dan Malaysia. FIK, 2006 (PEND. KEPELATIHAN)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
LPPM
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:37
Last Modified: 11 Mar 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item