FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 KRETEK KABUPATEN BANTUL

Nurhidayat, Ramdan (2019) FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ramdan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi faktor pendukung pembelajaran renang pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kretek Kabupaten Bantul. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan sebelum melakukan pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kretek yang berjumlah 100 orang. Sempel yang digunakan adalah sempel jenuh. Hasil uji coba instrumen dari 34 butir pernyataan, gugur 5 butir pernyataan dan diperoleh 29 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Berdasarkan uji reliabilitas diperoleh hasil 0,894. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian faktor pendukung pembelajaran renang pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kretek Kabupaten Bantul pada kategori sangat tinggi 10%, kategori tinggi sebesar 15%, kategori sedang sebesar 40%, kategori rendah sebesar 31%, dan kategori sangat rendah sebesar 4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:16
Last Modified: 31 Jul 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64935

Actions (login required)

View Item View Item