Impelentasi Problem Based Learning Dalam Penigkatan Hasil Belajar Las Oxy Asetilen Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 1 Seyegan.

Munadi, B. Agus and Soenarto, Sunaryo (2019) Impelentasi Problem Based Learning Dalam Penigkatan Hasil Belajar Las Oxy Asetilen Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 1 Seyegan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bernardus agus munadi-13702251057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas X Teknik Fabrikasi Logam (TFL) pada pembelajaran Las Oksi asetilen dalam mengimplementasikan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Seyegan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian TFL. Penelitian ini melibatkan satu orang kolaborator untuk membantu peneliti sebagai tim dalam pelaksanaan PBL dan memonitor pada saat pembelajaran berlangsung. Perubahan dari tindakan, berdasarkan hasil pengamatan kolaborator. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen checklist,test dan rating scale. Data dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan metode PBL dalam pembelajaran materi las oksi asetilen dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa; (b) kategori aktivitas siswa setelah menerapkan PBL, yaitu kategori sangat tinggi sebanyak 26 siswa dan kategori tinggi sebanyak 6 siswa; (c) Peningkatan hasil belajar aspek kognitif setelah menerapkan PBL sebesar 27.89% dengan tingkat kemampuan aspek kognitif yaitu: mengingat sebesar 81,88%; memahami sebesar 87,05%; menerapkan sebesar 85,94%; menganalisasebesar 85,42%; menilaisebesar 81,77%; dan menciptasebesar 85,00%; peningkatan hasil belajar aspek psikomotor sebesar 18,99% dengan indikator kemampuan aspek psikomotor yaitu: persiapan kerja sebesar 76,82%; proses kerja sebesar 73,18%; hasil kerja sebesar 74,35%; sikap kerja sebesar 96,09%; dan waktu sebesar 75,00%;

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, aspek kognitif, aspek psikomotor, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:00
Last Modified: 31 May 2021 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64926

Actions (login required)

View Item View Item