Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SD

Tamtama, Niko (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Niko Tamtama_16712251014_Dikdas.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan modul pembelajaran tematik integratif berbasis problem-based learning, dan (2) keefektifan modul pembelajaran tematik integratif berbasis problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subyek uji coba terdiri dari 10 siswa pada tahap uji coba lapangan awal, 51 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 63 siswa pada uji coba lapangan operasional yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan menggunakan angket, skala, dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Modul pembelajaran tematik integratif berbasis problem-based learning layak digunakan dalam proses pembelajaran. Modul pembelajaran ini sudah sesuai dengan karakteristik modul pembelajaran. (2) Modul pembelajaran tematik integratif berbasis problem-based learning yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Kemampuan berpikir kritis meningkat secara signifikan berdasarkan paired sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 (sig. 2tailed) = 0,000 < α = 0,05. Keterampilan komunikasi meningkat secara signifikan berdasarkan paired sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = 0,05. Kata Kunci: modul tematik integratif problem-based learning, berpikir kritis, komunikasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:33
Last Modified: 31 Jul 2019 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64924

Actions (login required)

View Item View Item