HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sari, Vidya Kartika (2012) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vidya Kartika Sari.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar dan tingkat presatasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pakualaman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, serta mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD N Se-Kecamatan Pakualaman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N se-Kecamatan Pakualaman Yogyakarta yang berjumlah 154 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster proportional random sampling dengan cara undian. Penelitian ini mengambil sampel 40% dari jumlah populasi yaitu sebesar 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan uji hipotesis menggunakan teknik analisis product moment. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pakulaman berada dalam kategori tinggi (80,18%) dan prestasi belajar IPS nya berada dalam kategori cukup (62,3). Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pakualaman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, hal ini ditunjukkan dengan perolehan rhitung yang lebih besar daripada rtabel sebesar 0,513>0,254 pada taraf signifikansi 5% dengan N = 62. Kata kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6488

Actions (login required)

View Item View Item