PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI Se-GUGUS NAGAWIRU KECAMATAN GUMELAR, BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012

Pambudi, Opik Dian (2012) PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI Se-GUGUS NAGAWIRU KECAMATAN GUMELAR, BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Opik Dian Pambudi.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) ada tidaknya pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Nagawiru tahun pelajaran 2011/ 2012, (2) Seberapa besar pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus Nagawiru kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasi dengan variabel independen yaitu intensitas pemberian pekerjaan rumah, sebagai variabel dependen yaitu motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 195 responden siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Nagawiru yang berada di Kecamatan Gumelar, dengan laki- laki sebanyak 91 dan perempuan sejumlah 104. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel intensitas pemberian pekerjaan rumah dan motivasi belajar siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan intensitas pemberian pekerjaan rumah terhadap motivasi belajar siswa diketahui dengan nilai F hitung (27,817) > F tabel (3,981896) dan pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah terhadap motivasi belajar sebesar 28,8%. Dengan demikian pada penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas pemberian pekerjaan rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Nagawiru Kecamatan Gumelar, Banyumas tahun ajaran 2011/ 2012. Kata kunci: intensitas pemberian pekerjaan rumah, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 08:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item