SCRAMSIS GAME (SCRAMBLE KATA SINTAK) INOVASI PERMAINAN EDUKATIF PEMROGRAMAN DASAR UNTUK KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Alfaris, Ahmad Muzaki Salman (2019) SCRAMSIS GAME (SCRAMBLE KATA SINTAK) INOVASI PERMAINAN EDUKATIF PEMROGRAMAN DASAR UNTUK KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) mengembangkan game Scramsis yang memuat materi pemrograman dasar untuk siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Wates dan (2) menguji kualitas game Scramsis berdasarkan pada standar kualitas ISO 25010. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model Waterfall yang meliputi komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan distribusi. Uji kualitas functional suitability dilakukan oleh 2 orang developer, sedangkan uji usability dilakukan oleh siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Wates. Hasil penelitian ini adalah : (1) Game Scramsis memiliki enam menu utama, yaitu ayo main, cara main, pengaturan, profil, petunjuk, dan keluar. Scramsis memiliki 3 level yang berbeda tingkat kesulitannya.. Game Scramsis mendapatkan skor 100% pada uji kualitas functional suitability yang berarti sangat berkualitas, 100% pada uji kualitas compatibilty yang berarti sangat berkualitas. Uji perfomance efficiency Scramsis dilihat dari penggunaan CPU dan memori, rata-rata penggunaan CPU Scramsis sebesar 2.71%, jika dibandingkan dengan batas CPU yang ditetapkan little eye yaitu 15%, penggunaan ini masih sangat aman. Penggunaan memori scramsis yaitu sebesar 129 MB dan tidak mengalami force close. Uji usability dilakukan pada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Wates dan mendapatkan skor 80.02% yang termasuk ke dalam kategori Berkualitas dan nilai reliabilitas alpha cronbach dari angket uji usability sebesar 0,828 yang berarti baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Scramsis, Pemrograman Dasar, Android, Unity, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jul 2019 01:32
Last Modified: 29 Jul 2019 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64812

Actions (login required)

View Item View Item