Pengaruh Strategi Aptitude Treatment Interaction dalam Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep, dan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas X SMA

Inda, Arny Hada (2018) Pengaruh Strategi Aptitude Treatment Interaction dalam Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep, dan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ARNY HADA INDA_16709251079_P. Mat.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi aptitude treatment interaction dalam model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap prestasi belajar matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian semu (Quasi Eksperiment). Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA di kabupaten Sumba Timur, tahun pelajaran 2017/2018. Dua kelas sebagai sampel dipilih secara acak. Kelas yang satu sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran matematika dengan strategi aptitude treatment interaction dalam model pembelajaran penemuan. Sedangkan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran matematika dengan menggunakan model penemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa soal tes prestasi belajar matematika dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan koefisien Cronbach’s Alpha (koefisien reliabilitas) α = 0.878; 0.880 dan Standard Error Measurement (SEM) = 3.106; 6.601. Sedangkan instrumen non-tes berupa angket kepercayaan diri dengan koefisien Cronbach’s Alpha (koefisien reliabilitas) α = 0.907 dan Standard Error Measurement (SEM) = 5.549. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan Independent Samples t-Test. Hasil penelitian dengan menggunakan taraf signifikansi 0.05 atau 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi aptitude treatment interaction dalam model pembelajaran penemuan terhadap prestasi belajar matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis, dan kepercayaan diri pada siswa kelas X SMA di kabupaten Sumba Timur. Selain itu, berdasarkan analisis yang telah dilakukan, strategi aptitude treatment interaction dalam model pembelajaran penemuan lebih unggul daripada model pembelajaran penemuan dalam hal prestasi belajar matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis, dan kepercayaan diri pada siswa kelas X SMA di kabupaten Sumba Timur. Kata kunci: strategi aptitude treatment interaction dalam model pembelajaran penemuan (discovery learning), prestasi belajar matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis, kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:38
Last Modified: 25 Jul 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64758

Actions (login required)

View Item View Item