Cara Belajar Siswa Disabilitas Netra dalam Pembelajaran Geometri Kelas VII dengan Pendekatan Worked Example

Azizah, Nur (2019) Cara Belajar Siswa Disabilitas Netra dalam Pembelajaran Geometri Kelas VII dengan Pendekatan Worked Example. S2 thesis, UNY.

[img] Text
NUR AZIZAH_16709251017_P. Mat.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara siswa disabilitas netra kelas VII dalam memahami konsep hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal dengan menggunakan pendekaan worked example. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik analisis kualitatif. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman analisis hasil pekerjaan siswa, tes retensi, tes transfer dan skala muatan kognisi. Subjek penelitian berjumlah lima siswa yang merupakan siswa disabilitas netra kelas VII di sebuah MTs-LB A Yaketunis pada tahun ajaran 2017/2018. Langkah pertama yang dilakukan siswa dalam memahami konsep adalah meraba keseluruhan permukaan lembar kerja yang diberikan untuk mengidentifikasi komponen-komponen dan informasi yang disajikan dan melengkapi pemahamannya melalui penjelasan guru. Setelah memahami pekerjaan yang dilakukan siswa mulai memahami gambar yang diberikan, siswa berusaha menemukan garis sejajar, mengidentifikasi garis transversal dan mengidentifikasi sudut-sudut yang ada pada gambar. Siswa berusaha menemukan kemiripan gambar dengan gambar yang sudah pernah dipelajari dengan cara memutar lembar kerja, menggunakan alat bantu berupa rangkaian lidi dan meminta bantuan guru untuk mengarahkan tangan dalam meraba. Siswa memahami hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar dipotong garis transversal dengan mengingat kedudukan sudut-sudut tersebut terhadap pasangan garis sejajar dan transversal dalam gambar. Pengetahuan ini digunakan siswa dalam mengerjakan soal setelah mempelajari contoh soal. Berkenaan dengan cognitive load theory terdapat kondisi yang berbeda pada siswa disabilitas netra yaitu (a) siswa disabilitas netra dapat mempelajari contoh soal dengan baik dalam bentuk penyajian terintegrasi maupun split-attention dengan catatan informasi tidak begitu padat dan tidak dipisahkan halaman; (b) redundansi justru memberikan manfaat pada siswa; dan (c) Siswa tidak mampu menuliskan algoritma pengerjaan tetapi siswa dapat menjelaskan kepada guru secara lisan. Kata kunci: Pendekatan Worked Example, Siswa Disabilitas Netra

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:42
Last Modified: 25 Jul 2019 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64753

Actions (login required)

View Item View Item