Analisis Kemampuan Kognitif Matematika Berdasarkan Task Commitment Siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA Negeri Se-DIY

Kurniasih, Nurafni Retno (2019) Analisis Kemampuan Kognitif Matematika Berdasarkan Task Commitment Siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA Negeri Se-DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Nurafni Retno Kurniasih_15709251007_P. Mat.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) kemampuan kognitif matematika, 2) task commitment, dan 3) hubungan antara kemampuan kognitif matematika dan task commitment siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA negeri se-DIY. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan model deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA negeri yang ditunjuk untuk menyelenggarakan kelas KKO oleh pemerintah daerah provinsi DIY pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa KKO kelas X SMA negeri se-DIY yang berjumlah 319 siswa. Sampel sejumlah 132 siswa yang terbagi dalam 8 sekolah penyelenggara kelas KKO seDIY ditentukan dengan teknik sampel acak proporsional sistematik. Data dikumpulkan menggunakan tes dan angket, dan dianalisis dengan menggunakan uji chi-kuadrat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Kemampuan kognitif matematika siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA negeri se-DIY dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 40,62 dari nilai tertinggi ideal 100. Kemampuan kognitif matematika siswa pada aspek pengetahuan dan penerapan dalam kategori sedang, sedangkan aspek penalaran dalam kategori rendah. 2) Task commitment siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA negeri se-DIY dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 95,63 dari nilai tertinggi ideal 150. Task commitment siswa pada aspek ketekunan, ketahanan, percaya diri, dedikasi pada latihan dan minat berada pada kategori sedang. 3) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara kemampuan kognitif matematika dan task commitment siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA negeri se-DIY. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien kontingensi = 0,268 dan = 0,816 sehingga diperoleh nilai = 0,328 yang berada pada interval 0,30-0,59 dan nilai signifikansi sebesar 0,05. Kata Kunci: kemampuan kognitif matematika, task commitment, siswa kelas khusus olahraga.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:33
Last Modified: 25 Jul 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64752

Actions (login required)

View Item View Item