EFEKTIVITAS METODE TUTORIAL DENGAN MEDIA VIDEO TENTANG KECELAKAAN KERJA PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN DI SMK NEGERI 3 MAGELANG

Azis, Abdul (2019) EFEKTIVITAS METODE TUTORIAL DENGAN MEDIA VIDEO TENTANG KECELAKAAN KERJA PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN DI SMK NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I - PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III - METODE PENELITIAN.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV - PEMBAHASAN.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V - SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan metode tutorial dengan media video tentang kecelakaan kerja pada mata pelajaran keamanan pangan, (2) Efektivitas penerapan metode tutorial dengan media video tentang kecelakaan kerja yang ditinjau dari aspek kognitif peserta didik kelas X Jasa Boga 2 di SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Metode Tutorial sebagai metode pembelajaran dan Media Video sebagai bantuan media dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 3 Magelang sebanyak 35 orang yang ditentukan dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Metode pembelajaran tutorial dengan media video diterapkan pada mata pelajaran Keamanan Pangan kelas X Jasa Boga II di SMK Negeri 3 Magelang dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dibagi dalam 3 tahap yaitu Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 4 – 25 April 2018. Silabus dan kompetensi yang digunakan yaitu KD 3.9 dan KD 3.10. (2) Efektivitas penerapan metode pembelajaran tutorial dengan media video pada mata pelajaran Keamanan Pangan kelas X Jasa Boga II SMK Negeri 3 Magelang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Berdasarkan perolehan nilai pre test rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67,68 dan nilai pre test rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 82,63 terdapat peningkatan sebesar 18,09 %. Berdasarkan perolehan nilai post test rata-rata kelas pada siklus I sebesar 83,39 dan nilai post test rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 97,32. Terdapat peningkatan sebesar 14,31 %. Perbedaan efektivitas dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai gain pada siklus I sebesar 0,49 masuk dalam kategori sedang, dangkan gain nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 0,84 masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Tutorial, Keamanan Pangan, Media Video, Kecelakaan Kerja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:50
Last Modified: 22 Jul 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64689

Actions (login required)

View Item View Item