PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR MENGKLASIFIKASI ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN

Prabowo, Sigit (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR MENGKLASIFIKASI ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan multimedia pembelajaran “Mengklasifikasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR)” di jurusan Teknik Kendaraaan Ringan kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan. Penelitian pengembangan multimedia dalam penelitian ini melalui 6 tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) merumuskan tujuan, (3) pengembangan materi (4) merumuskan alat pengukur keberhasilan, (5) pembuatan media, yang terakhir (6) tes dan revisi. Tes/ujicoba dilakukan 2 tahap yaitu tes awal dan tes akhir. Tes awal dilakukan kepada ahli media, ahli materi dan beberapa siswa (skala kecil). Revisi/perbaikan dilakukan berdasarkan saran yang muncul dari hasil tes. Setelah dilaksanakan perbaikan selanjutnya produk siap diujicobakan kepada siswa untuk skala lebih luas/tes akhir. Data yang didapatkan dari tes berupa data kualitatif yang telah dikonversi menjadi data kuantitatif. Selanjutnya data diolah dengan diambil rerata akhir dan dikonversi kembali ke data kualitatif yang kemudian dianalisa dengan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah multimedia pembelajaran berukuran 30,7 MB dengan ekstensi *.exe yang melalui 6 tahapan dalam pengembangannya serta memiliki hasil uji kelayakan sebagai berikut: 1) ahli materi didapatkan rerata skor 3,74 (sangat layak), 2) ahli media didapatkan rerata skor 3,28 (sangat layak), 3) hasil uji coba lapangan terbatas didapatkan rerata skor 3,18 (sangat layak), 4) hasil uji coba lapangan lebih luas didapatkan rerata skor 3,13 (sangat layak). Hasil dari perhitungan pesentase kelayakan media adalah 79,58%. Berdasarkan hasil tersebut multimedia pembelajaran ini Layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Cangkringan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, multimedia pembelajaran, kelayakan multimedia
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:43
Last Modified: 22 Jul 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64687

Actions (login required)

View Item View Item