PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HAK ASASI MANUSIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS I SD N DELEGAN I PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Fheasta, Andri Noviati (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HAK ASASI MANUSIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS I SD N DELEGAN I PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andri Noviati Fheasta.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap hak asasi manusia melalui penggunaan media audio visual di kelas I SD N Delegan I Prambanan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas partisipatoris. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Delegan I Prambanan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitiannya adalah peningkatan pemahaman konsep HAM melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas 1 SD Delegan I Prambanan Sleman Yogyakarta. Model penelitian yang digunakan adalah model spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing tindakan terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes pemahaman dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep hak asasi manusia siswa kelas I SD Negeri Delegan I Prambanan Sleman Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan siswa yang tuntas belajar / mencapai KKM materi hak anak pada siklus I sebanyak 7 siswa (kondisi awal 12 siswa menjadi 19 siswa) dengan peningkatan persentase ketuntasan 24,15% (kondisi awal 41,37% menjadi 65,52%) dan peningkatan pada siklus II sebanyak 6 siswa (siklus I 19 siswa menjadi 25 siswa) dengan peningkatan persentase ketuntasannya sebesar 20,69% (siklus I 65,52% menjadi 86,21%). Kata kunci: pemahaman konsep hak asasi manusia, media audio visual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item