Keefektifan Model Scaffolded Writing dan Teknik Asosiogram untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Kebasen

Anugrah, Jalu (2019) Keefektifan Model Scaffolded Writing dan Teknik Asosiogram untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Kebasen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Jalu ANugrah-15715251024-PBSI.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran model scaffolded writing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional; (2) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran teknik asosiogram dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional; (3) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran model scaffolded writing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran teknik asosiogram. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP di Kecamatan Kebasen. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas VIIA SMPN 1 Kebasen sebagai kelompok eksperimen I, kelas VIIA SMPN 3 Kebasen sebagai kelompok eksperimen II, dan kelas VIIC SMPN 2 Kebasen sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui penugasan menulis teks deskripsi dan dinilai berdasarkan lembar penilaian disertai rubrik. Validitas instrumen menggunakan pendapat para ahli dan dinyatakan valid serta reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan r sebesar 0,966. Data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran model scaffolded writing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional terbukti dari uji Scheffe diperoleh beda rata-rata hitung sebesar 4,031 dan signifikansi dengan nilai p sebesar 0,145 (p>0,05); (2) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran teknik asosiogram dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional terbukti dari uji Scheffe diperoleh beda rata-rata hitung sebesar 5,906 dan signifikansi dengan nilai p sebesar 0,017 (p<0,05); (3) tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran model scaffolded writing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran teknik asosiogram terbukti dari uji Scheffe diperoleh beda rata-rata hitung sebesar -1,875 dan signifikansi dengan nilai p sebesar 0,654 (p>0,05). Kata kunci: keefektifan, model scaffolded writing, teknik asosiogram, teks deskripsi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:09
Last Modified: 22 Jul 2019 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64673

Actions (login required)

View Item View Item