Pengaruh Metode Latihan (Drill Dan Mini Games) Dengan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Peningkatan Passing Bawah Bola Voli

Defrizal, Defrizal (2019) Pengaruh Metode Latihan (Drill Dan Mini Games) Dengan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Peningkatan Passing Bawah Bola Voli. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis defrizal.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh antara metode latihan drill dan metode latihan mini games terhadap peningkatan passing bawah bola voli, 2) perbedaan pengaruh antara atlet yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap peningkatan passing bawah bola voli, dan 3) interaksi antara metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan passing bawah bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faactorial 2x2 pada taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di Klub Yuso Sleman Yogyakarta. Sampel berjumlah 32 orang atlet ditentukan dengan pembagian kelompok 27% batas atas dan 27% batas bawah. Teknik pengumpulan data: 1) penentuan sampel berdasarkan hasil tes koordinasi mata tangan atlet remaja putri dan 2) melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) peningkatan passing bawah bola voli. Instrumen menggunakan 2 tes yaitu tes lempar tangkap bola tenis dengan validitas (0,0812) dan reliabilitas (0,880). Tes passing Fenanlampir dan Faruq dengan validitas (0,783) dan reliabilitas (0,820). Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian: 1) menunjukkan nilai signifikan ρ sebesar 0,005 < 0,05, berarti Ho ditolak. Terdapat perbadaan pengaruh antara latihan drill dan mini games terhadap peningkatan passing bawah bola voli. Latihan mini games memiliki pengaruh yang lebih baik daripada latihan drill terhadap peningkatan passing bawah bola voli, 2) menunjukkan nilai signifikan ρ sebesar 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak. Terdapat perbedaan pengaruh antara atlet yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap peningkatan passing bawah bola voli. Atlet yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih baik daripada atlet yang memiliki koordinasi mata tangan rendah terhadap peningkatan passing bawah bola voli, 3) menunjukkan nilai signifikan ρ sebesar 0,035 < 0,05, berarti Ho ditolak. Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan passing bawah bola voli. Kata kunci: metode latihan drill, mini games, peningkatan passing bawah bola voli.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:28
Last Modified: 22 Jul 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64657

Actions (login required)

View Item View Item