Sumaryono, Maulyda Larasati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKSTIL KELAS X BUSANA DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tekstil pada kelas kontrol yang menggunakan ceramah dan kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw; 2) mengetahui prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tekstil pada kelas kontrol yang menggunakan ceramah dan kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw; 3) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tekstil di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa Busana SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, sedangkan penentuan jumlahnya dengan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sejumlah 24 siswa. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran jigsaw, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan ceramah. Data penelitian diperoleh dari tes pre-test dan tes post-test yang diberikan pada siswa saat sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Teknik analisis data statistik deskriptif dan inferensial: 1) uji normalitas menggunakan teknik Chi Square; 2) uji homogenitas menggunakan teknik Levene Statistic Test; 3) uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prestasi akademik berdasarkan hasil pre-test siswa kelas kontrol menggunakan ceramah dan kelas eksperimen sebelum menerapkan model pembelajaran jigsaw dilihat dari pengkategorisasian KKM terbilang rendah yaitu, 47,5 untuk nilai rata-rata kelas eksperimen dan 57,08 untuk rata-rata kelas kontrol.; 2) Prestasi akademik berdasarkan hasil post-test pada siswa kelas kontrol tidak berbeda dengan pre-test, sedangkan pada siswa kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw mengalami perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test, yaitu dari 57,08 menjadi 89,16.; 3) Hasil uji-t kelas kontrol p = 0,52 berarti p>0,05, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh model pembelajaran ceramah terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tekstil, sedangkan hasil uji-t kelas eksperimen menunjukkan p = 0,000 berarti p<0,05, dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tekstil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw, Prestasi Akademik, Pelajaran Tekstil, SMK, Tata Busana |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 01:28 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 01:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64499 |
Actions (login required)
View Item |