Febrianto, Robi (2019) PERANCANGAN DAN ANALISIS TORSIONAL RIGIDITY DESIGN RANGKA MOBIL FORMULA GARUDA 17 BERDASARKAN REGULASI STUDENT FORMULA JAPAN 2017. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan rancangan rangka mobil Formula Garuda 17 yang sesuai dengan regulasi Student Formula Japan 2017. (2) Menghasilkan rancangan rangka mobil Formula Garuda 17 yang mempunyai torsional rigidity yang mampu menahan beban bending dan twisting. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal juga dengan Research and Development (R&D) karena objek yang diteliti (Rangka Formula Garuda 17) merupakan pengembangan dari objek yang telah dibuat sebelumnya (Rangka Formula Garuda 16). Model pengembangan produk rangka mobil Formula Garuda 17 adalah model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, serta Evaluation atau disingkat ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukan rancangan rangka mobil Formula Garuda 17 sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku di Student Formula Japan 2017, hal ini dibuktikan dari hasil penjurian Structural Equivalency Spreadsheet yang dinyatakan OK serta mobil Formula Garuda lolos Technical Inspection yang dibuktikan dengan pass sticker. Kemudian target nilai torsional rigidity yang ditetapkan yaitu diatas 834Nm/degree sudah tercapai melalui hasil analisis menggunakan Solidworks dimana hasilnya menunjukan nilai torsional rigidity desain rangka Formula Garuda 17 sebesar 1.026,7Nm/degree dan target reduksi bobot rangka sebesar 2Kg juga tercapai karena bobot rangka Formula Garuda 16 sebesar 33,19Kg berkurang menjadi 31,11Kg pada rangka Formula Garuda 17, sehingga bobotnya berkurang 2,08Kg. Selanjutnya, hasil analisis kekuatan rangka dalam menahan bending force juga mencapai target karena dari hasil analisis, maximum displacement yang terjadi di rangka hanya sebesar 2,76mm, kemudian stress maximum sebesar 138,256MPa dan factor of safety yang menjadi acuan aman atau tidaknya juga mempunyai nilai minimum 3,33 yang dikategorikan rangka ini aman dan mampu menahan gaya bending.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Design, Rangka, Torsional Rigidity |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:31 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64459 |
Actions (login required)
View Item |