PENGEMBANGAN JOB SHEET GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Rofi’ah, Siti (2019) PENGEMBANGAN JOB SHEET GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.KOVER.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK INDO.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Melakukan langkah-langkah pengembangan job sheet gambar teknik untuk kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan; (2) Mengetahui kelayakan job sheet gambar teknik yang telah dibuat untuk kelas X di SMK Negeri 1 Pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D Models yang terdiri dari Define (Pendefisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media pembelajaran melalui validasi dosen ahli materi, ahli media dan siswa. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa Job Sheet gambar teknik. Setelah dilakukan proses validasi dari dosen ahli materi, media dan juga penggunanya didapatkan hasil kelayakan media dari ahli materi pertama diperoleh nilai setelah dikonversikan sebesar 4,47 dengan kategori “sangat layak” dan ahli materi kedua diperoleh nilai setelah dikonversikan sebesar 4,69 dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli media pertama diperoleh nilai setelah dikonversikan sebesar 3,74 dengan kategori “layak” dan ahli media kedua diperoleh nilai setelah dikonversikan sebesar 4,46 dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan siswa kelas X DPIB sebanyak 33 orang diperoleh sebanyak 15 responden dengan persentase sebesar 45,45% dan 18 responden dengan persentase sebesar 54,55% masuk kategori “layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Job Sheet, Gambar Teknik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2019 06:56
Last Modified: 25 Jun 2019 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64382

Actions (login required)

View Item View Item