Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Penerapan Konsep Sainsmatika dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD.

Karana, Purwatmaja Listiadhi and Mustadi, Ali (2019) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Penerapan Konsep Sainsmatika dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku cerita bergambar berbantuan augmented reality yang layak untuk meningkatkan kemampuan penerapan konsep sainsmatika dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD; (2) mengetahui keefektifan buku yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan penerapan konsep sainsmatika dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis research and development yang mengacu pada 10 langkah pada model Borg and Gall. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket studi pendahuluan, angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa, lembar skala karakter peduli lingkungan, dan tes kemampuan penerapan konsep sainsmatika. Kelayakan buku cerita bergambar berbantuan augmented reality dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam 4 katogori kuantitatif. Keefektifan media buku cerita bergambar berbantuan augmented reality dalam meningkatkan penerapan konsep sainsmatika dan karakter peduli lingkungan dianalisis dengan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa: (1) media dalam bentuk buku cerita bergambar berbantuan augmented reality yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta angket respon guru dan angket respon siswa dengan kategori sangat baik; (2) media buku cerita bergambar berbantuan augmented reality dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan penerapan konsep sainsmatika dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD se-Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Hasil uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar berbantuan augmented reality dapat meningkatkan kemampuan penerapan konsep sainsmatika dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,05 (sig. < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media, buku cerita bergambar, augmented reality, penerapan konsep sainsmatika, karakter peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2019 08:27
Last Modified: 20 Sep 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64325

Actions (login required)

View Item View Item