Aktivitas Fisik dan Derajat Kebugaran Jasmani Lansia Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Sebuah Studi Deskriptif Exploratif di Panti Wredha Budhi Dharma).

Wardhana, Bintang Kusuma and Anwar, Muhammad Hamid (2019) Aktivitas Fisik dan Derajat Kebugaran Jasmani Lansia Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Sebuah Studi Deskriptif Exploratif di Panti Wredha Budhi Dharma). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui aktivitas fisik lansia di Panti Wredha Budhi Dharma, (2) untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani lansia di Panti Wredha Budi Darma, dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi aktivitas fisik dan derajat kebugaran jasmani di Panti Wredha Budhi Dharma Umbulharjo, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memadukan antara metode kuantitatif dan kualitatif (mix-method). Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui gambaran kebugaran jasmani lansia, yakni melalui tes dan pengukuran (Fitness Of Older Adult). Sedangkan metode kualitatif digunakan untuk mengetahui aktivitas fisik serta berbagai faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Panti wredha Budhi Dharma, Umbulharjo Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang berada di Panti wredha Budhi Dharma berjumlah 55 orang, sampel pada penelitian ini berjumlah 21 orang dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan pertimbangan (a) lansia yang berumur 60 tahun keatas, (b) lansia masih bisa beraktivitas minimal bisa berdiri, (c) lansia masih bisa berkomunikasi, dan (d) lansia yang tinggal di Panti Wredha Budhi Dharma. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing aspek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tes kebugaran jasmani lansia di panti Wredha Budhi Dharma terdapat 3 orang yang mendapatkan hasil kebugaran jasmani berkategori tinggi atau sekitar 14,28%, 16 orang yang mendapatkan hasil kebugaran jasmani yang berkategori sedang atau sekitar 76,2%, dan 2 orang yang mendapatkan hasil kebugaran jasmani berkategori rendah atau sekitar 9,52%. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa lansia yang tingkat kebugarannya baik, ternyata didukung oleh aktivitas fisik yang cenderung aktif seperti berjalan di pagi hari, menyapu, mencuci baju sendiri, senam dll. Lebih jauh faktor pendukung yang menyebabkan lansia aktif secara jasmani adalah latarbelakang keberadaan lansia di Panti Wredha Budhi Dharma, jenis kelamin, jenis kegiatan, dan lingkungan sosial. Setelah diselidiki lebih mendalam ternyata lansia yang memilih untuk tinggal di Panti wredha Budhi Dharma atas keinginannya sendiri aktivitas fisiknya cenderung lebih aktif dan mendapatkan hasil tes kebugaran jasmani berkategori tinggi, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kebugaran jasmani, lansia
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2019 07:49
Last Modified: 27 Sep 2019 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64321

Actions (login required)

View Item View Item