PENGKAJIAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR (SD) DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

YOYON, SURYONO and SUMARNO, - and SETYA, RAHARJA (2001) PENGKAJIAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR (SD) DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
manajemen.doc

Download (28kB)

Abstract

Manajemen berbasis sekulah sudah menjadi kebijakan dasar yang harus dilaksanakan. Pengamatan pendahuluan menunjukkan hahwa kebanyakan SD dan MI tidak dengan sendirinya dalam kondisi siap untuk melaksanakan MBS tersebut, baik dalam tingkat wacana, fasililas, maupun kapasilas mcnejerial. Pcnelilian ini difokuskan pada implememasi MBS di SD dan MI dalnm konteks desentralisnsi pendidikan dan otonomi daerah. Tiga sampel daerah ditetapkan )'aitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Slcman dan Kabupatcn Kulon Progo sampel sekolah lerdjri dari sekolah negcri dan swasta dengan 123 responden yang diminta untuk mengisi kuesioner. lIasil penelitian menunjllkkan bahwa MBS sudah dilaksanakan di SD Nege.ri dan Swas.ta dengan hentuk dan kadar yang heragam. Pada \ltnumnya pemahaman MRS yang meliputi komponen wawasan manajemen masa depan, tahap-tahap implementasi, tugas dan fungsi institusi serla maleri MBS, masih lergolong ellkllp. Beberapa aspek dari komponen-komponen MBS belum dipahami secara benar dan tepal. Responden kepala sekolah, guru, dan orangtua masih ada yang memahami MBS dengan kategori rendah. Suatu pelatihan singkat perlu diadakan di tingkat kotaikabupaten mengcnai aspek-aspek dari komponen MBS yang masih rendah dengan kelompok sasaran kepala sekolah, guru, dan urang tua,. Penelitian serupa dengan prqdekatan evaluatif dan dengan sampel sekolah lebih banyak dan beragam perlu dilakukan dengan waktu yang memadai.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 01 Oct 2012 01:54
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item