Evaluasi Implementasi Penilaian Otentik Pada Pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Yogyakarta.

Ningsih, Retno Sulistio (2019) Evaluasi Implementasi Penilaian Otentik Pada Pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tesis-retno sulistio ningsih-14701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas: (1) perencanaan penilaian otentik pada pelajaran bahasa Inggris SMP di Kota Yogyakarta, dan (2) pelaksanaan penilaian otentik pada pelajaran bahasa Inggris SMP di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi discrepancy. Penelitian ini dilakukan di 3 SMP Negeri di Yogyakarta yang merupakan pilot project Kurikulum 2013, yaitu SMP Negeri 5, SMP Negeri 8, dan SMP Negeri 15. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data, yaitu dokumentasi, wawancara, dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Inggris kelas VIII sebanyak 6 orang dan siswa kelas VIII yang diampu guru-guru tersebut sebanyak 549 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif yang didukung analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: Pertama, sebagian (50%) RPP yang dibuat oleh guru termasuk dalam kategori tidak baik. Dari jumlah ini 100% RPP sudah menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan, 33% RPP sudah menuliskan teknik penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang dinilai, 50% RPP yang dibuat oleh guru sudah menggunakan soal-soal yang HOTS, dan 50% RPP yang dibuat oleh guru sudah menggunakan soal-soal yang realistis. Kedua, sebagian (51%) guru sudah melakukan penilaian otentik termasuk dalam kategori baik. Dari jumlah ini 77% guru melakukan penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, 57% guru memberikan soal-soal yang HOTS, 87% guru memberikan soal-soal yang realistis, dan 63% guru menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian otentik, bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:53
Last Modified: 26 Oct 2021 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64294

Actions (login required)

View Item View Item