ANALISIS KELAYAKAN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DITINJAU DARI FUNGSI MANAJEMEN DI SMK N 1 MAGELANG

Pratiwi, Dyah Ayu (2019) ANALISIS KELAYAKAN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DITINJAU DARI FUNGSI MANAJEMEN DI SMK N 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover-daftar lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (29MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengelolaan pada aspek sarana dan prasarana, aspek hubungan kerjasama antara SMK dengan DUDI, aspek pengelolaan pembiayaan, aspek pembelajaran,dan mengetahui kelayakan pembelajaran teaching factory secara umum pada program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) dan program keahlian Teknik Elektronika Industri (ELIND) di SMK N 1 Magelang. Penelitian ini berupa penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy (kesenjangan). Responden terdiri atas pengelola teaching factory, guru/instruktur, dan siswa kelas XI yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran teaching factory. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilaksanakan dengan metode kombinasi dengan menggunakan desain sekuensial eksplanatori. Hasil Penelitian dapat diketahui bahwa pengelolaan pembelajaran teaching factory program keahlian TPTU dan ELIND di SMK N 1 Magelang, yakni: (1) pengelolaan aspek sarana prasarana dinyatakan “Layak”; (2) pengelolaan pada aspek kerjasama antara SMK dengan DU/DI, dinyatakan “Layak”; (3) pengelolaan pembiayaan secara umum, sekolah memiliki hak otonomi untuk mengelola anggaran teaching factory, sesuai perencanaan yang disepakati; (4) manajemen pada aspek pembelajaran menurut guru dan siswa dinyatakan “Layak degan syarat”, dan (5) kelayakan pembelajaran teaching factory ditinjau dengan menggunakan fungsi manajemen secara umum, dinyatakan “Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Teaching factory, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:12
Last Modified: 17 Jun 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64293

Actions (login required)

View Item View Item